Thursday, July 5, 2007

PUSING JARINGAN PU-NYAM, Eh Taunya...

Hari senin siang seperti biasa saya masuk ke ruangan, sebelum melakukan sesuatu ritual yang saya lakukan adalah membuka tas, mengeluarkan labtop dan menyambungkan ke jaringan, tidak seperti biasanya jariangan PU-NYAM alias putus-nyambung. Karena lagi males memeriksa akhirnya aku biarkan saja, dengan harapan esok harinya akan baik dengan sendirinya.
Selasa Siang aku kembali lagi memeriksa jaringan, tapi masih belum bagus juga, karena ada pekerjaan mendesak aku putuskan untuk ke gedung lain yang jaringannya bagus, dan aku dapat bekerja di sana.
Rabu setelah selesai ngawas ujian SPMB aku kembali lagi ke ruangan dan memeriksa jaringan, dan hasilnya masih sama.
Aku jadi penasaran ada masalah apa di jaringan ini, dan akhirnya begini ceritanya aku menemukan solusinya...

  • aku periksa kabel di ruang Lab Komputer (A) yang menyimpan switch yang mengarah ke ruanganku dan aku periksa jaringan ke luar tetap tidak bagus,

  • aku beralih ke LAB pusat (B) dan memeriksa switch yang menyambungkan ke broadband Unila secara langsung, dan hasilnya masih sama

  • Tanpa sengaja aku cabut kabel yang UTP yang mengarah ke Lab A dan koneksi dari LAB Utama berjalan bagus, jika kabel dosambungkan kembali koneksi kembali bermasalahan,

  • Berdasarkan data di atas berarti yang bermasalah adalah Switch di LAB B, aku kembali lagi ke Lab B, dan dengan cara yang sama aku cabut kabel-kabel yang mengarah ke Switch lainya akhirnya aku temukan masalahnya adalah Switch yang mengarah ke Ruang Baca

  • Masalah lebih rumit lagi, karena Switch dari Ruang baca ini adalah Switch yang menghubungkan Jaringan di Ruanganku ke Lab A, akhirnya aku matikan Switchnya beberapa saat dan aku sambungkan kembali dan akhirnya SUKSES KOneksi lancar, setidaknya sampai aku menulis artikel ini


Jika di runut Ruang Baca adalah ruangan yang paling dekat dengan Ruangku, Dari masalah yang dikira sangat komplek tahunya masalahnya ada di depan Mata.

Kesimpulan:
  1. Koneksi dalam satu LAN dapat terganggu jika salah satu Switch/Hub ada yang tidak beres baik yang melalui atau yang tidak melalui Switch/Hub tersebut.

  2. Membuktikan bahwa ketika Komputer Client suatu jaringan meminta request dari komputer lain, maka data yang melalui jaringan menyebar ke seluruh jaringan dan akan mendapatkan pengembalian (reply) dari komputer yang dituju jika komputer tersebut hidup atau memperbolehkan request tadi, tentunya melalui PORT yang dibuka

  3. Ada kemungkinan SWITCH yang bermasalah mengedentitaskan diri seolah-olah merupakan alamat yang dituju, ini dibuktikan jika di PING dari sistem LINUX reply disertai dengan komentar (DUP) atau tidak dapat meneruskan data yang dikiri sehingga jaringan menunggu reaksi dari SWITCH tersebut (MAY BE) :)



Type rest of the post here

Technorati Profile

No comments:

Post a Comment

Your Comment here