Wednesday, July 11, 2007

Hasil Test TPA


Test potensi akademik yang diadakan Fakutas Ekonomi UNILA Sabtu kemarin, hari ini sudah ada hasilnya, karena baru pertama mengikuti jadi nilainya masih di bawah target, tapi lumayan masuk 4 besar (berarti rangking 4 :-)) dari 34 peserta. Ternyata mengikuti TPA diperlukan strategi khusus, terutama bagi yang belum pernah mengikuti.

Test TPA dibagi menjadi 3 (tiga) jenis soal, yaitu kemampuan verbal, Matematika, dan Logika. Setiap orang biasanya berbeda-beda tingkat kemampuannya di ketiga jenis soal ini, saya sebagai seorang yang banyak berkecimpung di dunia matematika, tentunya sangat menyulai soal-soal Matematika dan Logika.

Hanya berbekal kemampuan dalam menyelesaikan soal saja tidak cukup untuk memperoleh nilai yang tinggi, karena selain kemampuan juga dibutuhkan kecepatan dan kecermatan dalam mengerjakan setiap jenis soal. Mungkin faktor ini yang menyebabkan aku tidak dapat memperoleh nilai sesuai target.

Berdasarkan pengalaman kemarin aku mencoba memberikan beberapa strategi agar mendapat nilai bagus ketika mengikuti TPA. Berikut strateginya:
  1. Kerjakan soal yang paling mudah dari setiap jenis soal, dan pastikan yang Anda kerjakan itu benar

  2. Biasanya soal pada halaman pertama atau sesi pertama dari setiap jenis soal merupakan soal yang susah, walaupun Anda bisa mengerjakan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama (Setiap jenis soal di TPA dikerjakan selama 60 menit dari 90 soal jadi 1 soal 40 detik).
  3. Jangan buang-buang waktu untuk memaksakan mengerjakan soal yang susah

  4. Persiapkan diri secara serius untuk jenis soal yang belum anda kuasai

  5. Jika waktu sudah habis, jangan biarkan jawaban anda kosong.

  6. Untuk Menjawab soal yang belum sempat terjawab, sebaiknya diisi dengan pilihan yang sama, jika A, maka A semua (berdasarkan teori peluang)


SELAMAT MENCOBA

Type rest of the post here

Technorati Profile

4 comments:

  1. wah bagus2 gak hasil TPA nya ??

    ReplyDelete
  2. ehem, yang jelas belum nyampe 680...
    makasih dah kunjungi blogku ...

    ReplyDelete
  3. cie cie yang bagus nilainya (4 besar githu loch....!!) =)
    masalah blog yang berisi gambar ???
    maklum dunk baru bisa main internet...
    =)

    ReplyDelete
  4. Mau download aplikasi TPA bisa di www.kirimpesan.com/?p=498

    ReplyDelete

Your Comment here